WISATA KOTA CIANJUR


KEBUN RAYA CIBODAS
Jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur,
Jawa Barat

Sudah pernah ke Cibodas? Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama itu, bahkan mungkin sudah ada yang bertandang ke sana. Tapi dari sebagian yang datang ke sana berapa banyak yang tahu bahwa Cibodas adalah salah satu sorga dunia. Sorga dunia? Ya, sorga dunia. Dan yang memberi predikat itu bukan orang sembarangan. Adalah Dr. F.W.Went, seorang ahli fisiologi tumbuhan asal Jerman yang lama bermukim di Indonesia yang memberi predikat itu. Tuturnya lebih jauh: “If paradise still exist on earth, Cibodas must have been part of it” (Seandainya masih ada sorga di muka bumi ini, maka Cibodas pastilah bagian daripadanya). Dr. Went tentu tidak basa-basi, karena keberadaan Kebun Raya Cibodas bukan sekadar sarat dengan panorama yang cantik, namun jauh lebih penting dari itu. Dalam usianya yang ke–152 (1852-2004), Kebun Raya Cibodas mampu menempatkan posisinya sebagai kawasan konservasi yang sangat ideal bagi pertumbuhan tanaman dataran tinggi basah, temperate maupun tanaman sub tropik. Karena alasan itulah, maka UNESCO dengan MAB pada tahun 1977 menetapkan Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) sebagai satu dari enam cagar biosfer yang ada di Indonesia (Cibodas, Tanjung Putting, Lore Lindu, Siberut, Gunung Leuser dan P. Komodo).

Di samping itu Kebun Raya Cibodas juga dinobatkan sebagai salah satu Tourist Destination Area dan sebagai The Second Tourist Wonder of West Java dari The Seven Tourist Wonder of West Java. Kini setiap tahunnya Kebun Raya Cibodas dikunjungi sekitar 1 (satu) juta orang baik itu wisatawan domestik yang datang dari Jakarta, Bandung, Bogor dan sekitarnya maupun wisatawan manca negara.

Ada apa sih di Cibodas?
Dalam kiprahnya selama ini Kebun Raya Cibodas telah banyak memberikan kontribusi dalam memajukan bidang konservasi, pendidikan, penelitian, dan juga pariwisata. Jadi Kebun Raya Cibodas bukan Cuma berfungsi sebagai tempat wisata, tetapi juga sebagai tempat pendidikan dan penelitian. Sebagai tempat penelitian, Kebun Raya Cibodas dengan luas sekitar 125 ha ini tampaknya layak menyandang predikat itu. Didalamnya terdapat beberapa tempat yang indah dan juga memiliki keanekaragaman koleksi tanaman eksotik yang tak bisa dinikmati hanya dengan satu kali kunjungan.

Koleksi tanaman yang dimiliki Kebun Raya Cibodas sampai saat ini meliputi 1.162 jenis koleksi kebun, 320 jenis anggrek, 289 jenis kaktus, 22 jenis koleksi tanaman sukulen, dan 103 jenis tanaman paku-pakuan. Ada juga koleksi taman-taman seperti Rhododendron Garden, Sakura Garden, Taxus Garden dan koleksi tanaman eksotik lainnya. Dari sejumlah koleksi tersebut, 114 di antaranya berasal dari Jawa Barat dan di antaranya merupakan tanaman langka. Dalam bidang pendidikan, Kebun Raya Cibodas juga telah membuat program khusus dengan tujuan memberikan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pelestarian dan pengembangan sumber daya alam. Lewat Program Pendidikan Lingkungan, pesan-pesan konservasi dapat disampaikan dengan menyesuaikan keadaan lingkungan dan kelompok masyarakatnya.

Obyek Menarik
Dari gerbang masuk utama sebelah barat, sebelum menuju ke tempat parkir kita dapat menikmati keindahan pemandangan disekitar kolam air mancur. Setelah itu dengan berjalan kaki kita dapat melihat beraneka pemandangan dan berbagai macam tanaman eksotik, baik yang ada di rumah kaca maupun diluar, atau bisa langsung menuju air terjun Ciismun melewati jalan setapak, sambil menikmati merdunya suara burung.
Dari Pintu masuk utama sebelah timur, kita bisa melihat koleksi bunga sakura, taman Rhododendron, jalan air dan air terjun Cibogo sambil meneruskan perjalanan kearah selatan, setelah itu kita akan melewati koleksi tanaman obat yang memiliki lebih kurang 150 jenis tanaman. Dari sini, kita dapat menelurusi arah jalan yang menuju istal kuda dan bisa langsung menuju ke air terjun Ciismun dengan berjalan kaki. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

FASILITAS:
Rumah Paku-pakuan, Rumah Kaca, Pembibitan Anggrek, Sukulen, Kaktus, Air Terjun, Jalan Air,
Tanam Tematik, Taman Lumut, Koleksi Tanaman Obat, Wisma Tamu, Kupel, Kafetaria,
Mesjid, Penjualan Tanaman, Kuda Tunggang.


WISATA ALAM


Curug Citambur
Curug Citambur terletak di Kecamatan Pagelaran. Jarak dari kota Cianjur 65 Km. Curug ini sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, tingginya lebih kurang 40 meter. Air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi sekitar curug menjadi sejuk. Panorama disekitar curug ini pun masih begitu alami.

Danau Leuwi Soro
Danau Leuwi Soro cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan, airnya bening dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan indah, sangat cocok untuk rekreasi sambil menghilangkan rasa jenuh. Lokasi danau ini berada di Kecamatan Pagelaran. Dari Kota Cianjur jaraknya lebih kurang 65 Km.

Pantai Jayanti

Pantai yang indah dan menarik ini berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang dan pelabuhan nelayan. Pantai ini masih alami dengan ombak yang indah dan angin bertiup perlahan-lahan menambah nyamannya berekreasi tempat ini. Berlokasi di Kecamatan Cidaun, yang jaraknya 139 Km dari Kota Cianjur.

Gunung Gede

Gunung Gede merupakan tempat paling favorit untuk pendakian dan berkemah. Hampir setiap pekan, ada saja pencinta alam yang mendaki puncak Gunung Gede setinggi 2.958 meter itu. Dari puncak Gunung Gede dapat disaksikan kota-kota terdekat, seperti Cipanas di sebelah utara, Sukabumi di selatan, Bogor di barat laut, dan Cianjur di sebelah timur.

Situs Gunung Padang
Situs yang menarik untuk dikunjungi ini berada di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Di kalangan masyarakat setempat, situs ini dipercaya sebagai bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam satu malam. Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda-beda. Batu-batu itu sama sekali belum mengalami sentuhan tangan manusia.


TAMAN BUNGA
ARENA FANTASI
(Arena Rekreasi Anak dan Keluarga)
l. Hanjawar, Desa Sukanagalih
Kec. Pacet Cipanas, Cianjur 43253



Arena fantasi merupakan arena bermain anak & keluarga yang terletak di kawasan Villa Kota Bunga, Puncak. Berbagai pilihan rekreasi menarik bisa Anda lakukan bersama-sama keluarga. Tersedia juga fasilitas untuk rombongan dengan kapasitas lebih dari 600 orang. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi Arena Fantasi dan dapatkan sensasi liburan spektakuler.


Little Venice (Danau Sejuta Pesona)
Little Venice merupakan salah satu Area Wisata Keluarga di Kota Bunga. Lokasi wisata dengan medium danau ini memiliki pemandangan sejuta pesona.


Sungguh suatu pengalaman tak terlupakan saat berkunjung ke Little Venice. Juga tersedia fasilitas untuk rombongan dengan kapasitas lebih dari 1000 orang. Jadi tunggu apalagi pilihan berlibur di Little Venice adalah sangat tepat.

Permainan lain: Lunar around, venture river, castle, gurita, bumper boat, mandi bola, magic ring, welly the whale, bumper car, games & midway, fantasy walk, the wild west, live music and fun game.

TAMAN BUNGA NUSANTARA
Jl. Mariawati Km. 7 Desa Kawung Luwuk, Cipanas, Cianjur



Taman Bunga Nusantara (TBN) banyak memiliki beragam koleksi bunga yang indah dan segar, mulai dari tanaman untuk iklim tropis maupun untuk iklim dingin, bahkan tidak hanya bunga yang berasal dari Indonesia, bunga yang berasal dari seluruh dunia pun ada. Selain menyegarkan mata, kita juga akan mendapatkan banyak wawasan baru mengenai bunga.

TBN terletak di Desa Kawung-luwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas-Cianjur, dengan luas lahan 35 hektar, Taman Bunga Nusantara menyajikan keindahan dan pesona bunga serta alam yang tertata apik. Berdiri sejak 10 tahun silam tepatnya pada tanggal 10 September 1995, taman display pertama di Indonesia ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman bunga yang terkenal dan unik di seluruh dunia.

Untuk menuju ke TBN, waktu yang bisa ditempuh dari Jakarta lebih kurang 2 sampai 3 jam. Melalui jalan raya puncak, sampai melewati puncak pass, dan belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga. Dari persimpangan ini jaraknya hanya 9 km.

Saat memasuki pintu utama kita langsung disuguhi keindahan tanaman bunga yang dibentuk menyerupai burung merak. Pada ekornya disusun berbagai jenis tanaman bunga beraneka warna, burung merak ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dilihat. Tidak jauh dari burung merak terdapat jam raksasa yang disusun pula dari berbagai jenis tanaman bunga. Jangan dikira jam raksasa ini hanya pajangan belaka ternyata jam ini bergerak dan berdentang setiap jam.

Selain sebagai sarana rekreasi TBN juga dipakai sebagai kebun percobaan dengan berbagai jenis bunga dan tanaman tertentu yang berasal dari daerah subtropis dan negara-negara beriklim dingin di Eropa, Amerika, dan Australia. Ada berbagai macam taman khusus yang ditampilkan di TBN, mulai dari taman air, taman mawar, taman Perancis, taman rahasia (labirynth), taman bali, taman mediterania, taman palem, dan taman gaya Jepang.

Ditunjang pula dengan fasilitas seperti rumah kaca, danau angsa, rafflesia mini theater, gazebo, alam imajinasi, lokasi piknik, amphitheater (panggung terapung) kereta datto, mobil wira-wiri, menara pandang, poliklinik, nany’s galleria dan penunjang lain bagi anda yang ingin mengadakan acara di halaman rumput yang luas. Apabila Anda datang ke Taman Bunga Nusantara, Anda akan memiliki sejuta kenangan akan keindahan keanekaragaman tanaman bunga yang tidak bisa dijumpai di tempat lain.


Masih Banyak lagi Tempat wisata di cianjur....

13 Coment:

wah
wah
lengkap ne tempat wisatanya
kalo aku kesana nanti jadi GUideku ya mas
hawuhwauhwaaw
:D


boleh mas

heeeeee


jadi pengen kesana....
jauh tapi....


Klo sy sering tuh bro ke taman bunganya..
tp btw Danau Leuwi Soro dimana tuh bro.. baru tau lho asli..


di cianjur selatan itu kang....

letaknya di daerah pagelaran kang...

coba maen kesana..

rasa penat pasti terobati

insya allah weh


Hayu lah urang jalan jalan.... :D


saya mau kesana disember ni


Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)


Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang


pingin kesana, banyak sekali kenangan-kenangan waktu aku dulu masih tinggal disana. dari situ kutemui dan kudapatkan sesuatu yang tak pernah kulupakan.......:D


bibi'- bibi' dan amang sekedap deuhi urang kaditu. kangen euh... ngalap burkoli kakebun deuhi nya.... walaupun jauh dimata tapi dekat dihati.


Nice shraing gan. Kebetulan bulan depan ane mau brkunjung ke sana.


Posting Komentar

hit counter dreamweaver
BANNER BDK CIANJUR
Copy Link :

Add to Technorati Favorites






My site is worth
$1,450,058.

How much is yours worth?



This website is worth

What is your website worth?

Website saya nilai
Rp 1.91 Juta

Links Pimped
Pimp Rank:
Are you a Link Pimp?>



ads ads
ads ads

PENGIKUT

oN FB

Arsip Blog

free counters